Masalah Kesehatan Pada Anak yang Perlu Diwaspadai Orangtua

Masalah Kesehatan Pada Anak yang Perlu Diwaspadai Orangtua

Anak-anak yang begitu aktif bergerak dan tidak pilah-pilih lokasi bermain mudah terkena penyakit. Mereka juga belum mampu menjauhi hal-hal yang berpotensi menimbulkan sakit di tubuh kecil mereka. Untuk itulah orangtua perlu mewaspadai masalah kesehatan pada anak yang biasa terjadi.

Dunia anak adalah dunia bermain. Saat hujan deras mengguyur, mereka malah menantang hujan dengan bermain sepak bola di lapangan. Tentu tidak masalah agar anak-anak bahagia. Bermain sepak bola saat hujan terasa berbeda dan menyenangkan buat mereka. Namun tentu saja, biasanya mereka sakit setelah itu, entah demam atau masuk angin.

Kalau orang dewasa tentu akan memilih menghindari hujan dan berteduh di rumah daripada bermain di bawah hujan. Tapi namanya anak-anak, mereka mau bertindak atas nama bermain dan bersenang-senang.Tak apa.

Masalah anak-anak di Indonesia seringkali berkisar pada kesehatan. Cuaca yang tidak teratur, apalagi di musim pancaroba seperti saat ini, amat rentan membuat anak jatuh sakit.

Masalah kesehatan pada anak ini akan kami bahas dan bicarakan agar menjadi pengingat bagi orangtua yang menginginkan kesehatan anaknya terjaga. Jangan sampai masalah kesehatan pada anak terus berlarut.

 

Masalah Kesehatan Pada Anak

 

  1. Diare

Masalah kesehatan pada anak yang pertama adalah diare. Ini sangat umum terjadi pada anak usia berapapun, bukan hanya masalah anak sekolah dasar yang aktif di sekolah. Bayi pun sering sekali mengalami diare.

Penyebabnya bisa karena alergi makanan, seperti alergi susu sapi pada anak yang tidak doyan susu sapi, gangguan pencernaan, dan infeksi.

Perhatikan terus karena diare bisa menimpa anak sewaktu-waktu. Berikan obat untuk mengatasi obat karena diare yang didiamkan akan menguras seluruh tenaga anak sampai habis. Tubuh jadi lemas karena zat yang masuk ke tubuh tidak bisa diserap dengan baik.

Jika terus berlanjut, bawa anak ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang memadai.

Jangan memberi makanan sembarangan pada anak, apalagi makanan yang kadar hiegienisnya diragukan. Organ pencernaan anak masih sangat sensitif sehingga makanan yang tidak bersih atau basi akan langsung membuatnya kena diare.

 

  1. Demam

Demam adalah penyakit setelahnya yang paling sering dialami anak. Badan menggigil serta pusing yang dirasakannya bisa membuat anak menangis dan kesakitan. Ini bisa disebabkan akivitas anak yang tidak kenal waktu dan cuaca.

Siang hari yang terik digunakan untuk bermain di tengah halaman sehingga membuat suhu tubuh anak meninggi. Demam sering jadi masalah pada anak usia dini dan solusinya  dengan memberinya vitamin untuk mencegah demam.

Menjaga kesehatan anak tidak dapat dilakukan dengan melarangnya bermain, melainkan dengan memberinya vitamin penambah imun tubuh, seperti susu yang kaya nutrisi. Cara ini lebih efektif untuk memberi perlindungan terbaik bagi tubuh anak.

Namun jika terlanjur demam, berikan obat, buah-buahan untuk mempercepat pemulihan, dan susu dengan rasa coklat yang lezat.

 

  1. Masalah Kesehatan Pada Anak Selanjutnya adalah Masalah Perut

Masalah perut tidak saja berhenti pada diare, tapi juga sembelit, sakit perut, dan bahkan asam lambung. Ini bisa disebabkan kebiasaan makan anak dan juga kebiasaan menggigit atau memasukkan barang tertentu ke mulut.

Jika si kecil memasukkan mainan atau menggigit mainan, bakteri akan menyebar ke mulut dan tertelan masuk ke perut. Hasilnya jelas, perut anak akan merasakan sakit.

 

 

  1. Ruam-Ruam Kemerahan

Ruam merah ini masalah paling bikin risau anak-anak. Memang tidak menular,tetapi bikin anak rewel dan menangis. Anak akan terus menggaruk ruam merah di kulitnya tanpa mengerti dampak dari garukan tersebut.

 

Demikian masalah kesehatan pada anak yang paling sering terjadi. Apapun masalahnya, orangtua harus sigap dan waspada menjaga anak.Obati dengan segera aartak berlanjut lebih panjang lagi.

Namun daripada sakit, lebih baik mencegahnya. Aktivitas anak yang padat dan tidak kenal cuaca serta waktu sebenarnya baik buat perkembangan mentalnya. Untuk menanggulangi sakit akibat aktif bergerak, berikan vitamin atau suplemen penambah daya tahan tubuh. Biarkan anak bergerak aktif agar dia memiliki masa kecil yang bahagia dan menyenangkan.

Leave a Reply

Close Menu